Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Tuesday, June 26, 2012

Tips Merawat Laptop Agar Berumur Panjang

Kamu Suka Artikel ini?? Give me "Like" and +1


Tips merawat laptop [Planet Free]
Laptop atau Notebook atau Netbook adalah sebuah komputer jinjing yang sangat sensitif. Jika kita gak menjaganya dengan baik dan benar, maka Laptop kita bisa dipastikan umurnya hanya sebentar dan bakalan sering keluar masuk ke tempat servis. Dibandingkan dengan komponen PC, harga komponen Laptop lebih atau bahkan sangat mahal. karena itu jika kamu gak mau keluar uang banyak hanya untuk ngebenerin laptop kamu yang sering rusak, lebih baik kamu rawat dari sekarang laptop kamu itu dengan cara yang baik dan benar hingga laptop kamu bisa berumur panjang.

Oke, hari ini DD akan share beberapa tips merawat laptop yang baik dan benar. silahkan disimak :

1. Jangan Asal Download Software/Game Gratis di Internet
Ini yang sering menjadi masalah buat para orang awam. ketika mencari sebuah software atau game di internet, mereka tertipu dengan link download sebuah aplikasi jahat yang bisa merusak laptopnya. Karena itu, DD saranin jangan asal download aja, perhatikan baik-baik apa yang mau kamu download, lihat kemana link itu menuju. jangan lupa juga pasang antivirus yang canggih biar laptop kamu aman dari virus atau malware di internet. Salah satunya kamu bisa menggunakan antivirus AVG, Avast, atau Smadav.

2. Jangan Menutup Lubang Sirkulasi Udara Laptop
Dikarenakan letak komponen laptop yang saling berhimpit dan sempit. Sirkulasi udara menjadi hal yang sangat penting ketika laptop dihidupkan. Jangan pernah kamu tutup lubang sirkulasi udara yang ada di laptop kamu ketika sedang dihidupkan, karena akibatnya bisa akan sangat fatal bagi laptop kamu.

3. Hindari Laptop dari Sinar X-Ray di Bandara.

4. Selalu Gunakan Tas Laptop saat Berpergian.

5. Jangan sekali-sekali meletakkan benda yang berat di atas laptop.

6. Jangan mengangkat laptop yang sedang terbuka dengan cara memegang bagian layarnya. angkatlah laptop dengan memegang bagian bawah keyboard.

7. Rawatlah baterai Laptop dengan baik. Jangan sampai bocor, karena bisa merusak slot baterai. untuk cara merawat baterai laptop, silahkan baca disini.

8. Jauhkan laptop dari benda-benda bermagnet kuat.

9. Jangan memindahkan laptop ketika sedang dihidupkan.
Saat laptop sedang hidup Hardisk sedang bekerja, sehingga jika kamu menggerakkan/memindahkannya, head harddisk akan menggores cylinder yang bisa berakibat fatal pada Hardisk kamu.

10. Jangan pernah menggunakan laptop diatas tempat tidur (kasur).
Karena permukaan kasur yang lembut dan menyerap panas. Maka semua panas yang dikeluarkan laptop kamu akan terserap oleh kasur dan akan membuat komponen laptop kamu menjadi cepat panas yang akan berakibat fatal buat komponen didalam laptop kamu. Lihat poin no. 2

Nah, itulah beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan untuk menjaga laptop kamu dari kerusakan. Rawatlah laptop kamu dengan sebaik-baiknya. Semoga tips diatas bisa bermanfaat buat kita semua...

0 comments:

Post a Comment